Babinsa Koramil 0801/03 Arjosari memantau kejadian bencana alam tanah longsor di desa Gunungsari

0
117

Pacitan – Babinsa Koramil 0801/03 Arjosari Kodim 0801/Pacitan Sertu Agung Setiawan bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan pemantauan bencana alam tanah longsor di RT. 01 Rw. 10 Dsn. Tleken Ds. Gunungsari Kec. Arjosari yang mengakibatkan tertutupnya bahu jalan akibat tertimbun material longsor, Rabu (27/01/2021).

Di temui saat melaksanakan pemantauan di dsn. Tleken ds. Gunungsari,
Sertu Agung Setiawan menyampaikan bahwa kejadian tanah longsor ini merupakan dampak dari tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Arjosari sejak malam hingga dini hari td.

“Kejadian tanah longsor merupakan kejadian yg sering terjadi di wilayah arjosari karena wilayah Gunung sari sendiri merupakan wilayah pegunungan dimana banyak tebing dan jurang yg struktur tanahnya sangat labil, sehingga apabila diguyur hujan yang intensitasnya sedang dan tinggi akan mudah sekali longsor. Namun demikian, kita selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tanda-tanda alam seperti timbulnya retakan tanah, curah hujan yg tinggi, agar segera menghindari daerah – daerah yg rawan longsor tersebut.
Kejadian tanah longsor ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian material berupa tertutupnya bahu jalan di Rt. 01 Rw. 10 Dsn. Tleken Ds. Gunungsari kecamatan arjosari.
Upaya selanjutnya, kami bersama masyarakat akan melaksanakan gotong royong membersihkan material longsor tersebut, sehingga akses jalan dapat kembali di gunakan oleh masyarakat. ” Ungkap Babinsa 0801/03 Arjosari.

Kepada para warga Sertu Agung Setiawan juga mengingatkan agar tetap waspada, apabila curah hujan tinggi untuk menghindari daerah yang rawan longsor.

“Kepada warga binaannya, sertu Agung Setiawan juga menyampaikan akan pentingnya menjaga kelestarian alam, tidak menebang pohon sembarangan serta melaksanakan penghijauan kembali tanah-tanah yg sudah gundul agar tidak mengakibatkan tanah longsor, karena dengan adanya pohon serta penghijauan bisa menjaga struktur tanah menjadi padat dan terikat oleh akar pepohonan tersebut.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here