Gerak Cepat, Wabup Inginkan Produk Lokal Menjadi Kearifan Lokal

0
135

MURATARA ,BRS –   Dalam penerapan dan menjalankan program visi-misi, Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), berbagi tugas untuk grak cepat pembangunan dan penataan produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu (3/3/20211).

Hal itu, seperti yang dilakukan oleh Wakil Bupati Muratara, Ustd. H.A. Innayatullah, memberikan masukan, saran, arahan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM di Muratara.

Pertemuan tersebut, berlangsung di ruangan Wabup Muratara, sekitar pada 10.00 wib dan meminta kepada pelaku UMKM dapat mengembangkan produk lokal yang siap didukung oleh pemerintah daerah.

Diterangkan H.A. Innayatullah, mengatakan UMKM sebagai usaha yang menjadi tiang penyangga perekonomian di masyarakat dan Kabupaten Muratara. Karna produk lokal yang dipasarkan dapat menjadi sumber ekonomi bagi ibu rumah tangga dan menjadi ciri khas di Bumi Berselang Serundingan.

“Jika ada produk lokal, setiap kegiatan pemerintah daerah dapat disajikan dan menjadi produk utama dengan masakan dan khas daerah. Jadi tidak ada produk luar,” kata Ustad.

Ditambahkanya, ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM dapat berkomunikasi dengan pemerintah desa, Kecamatab dan Kabupaten Muratara, untuk memperkenalkan produk lokal Muratara didalam daerah dan merambah keluar daerah.

“Maka setiap kegiatan penting melibatkan UMKM Muratara,” tambah ia.

Dilanjutkanya, sasaran tersebut selain membangun pertumbuhan ekonomi di rumah tangga masyarakat Muratara juga dapat memberikan peluang usaha bagi ibu-ibu rumah tangga dengan harapan meningkatkan kesejahteraan bagi warga dan masyarakat.

Disisilain, Lusiana, salah seorang yang tergabung dalam UMKM di Muratara, mengatakan bahwa saat ini ada 4 Kecanatan yang terbentuk untuk ibu-ibu yang siap mengembangkan produk lokal Muratara.

“Seperti di Kecamatan Karang Dapo, Kecamatan Rupit, Kecamatan Rawas Ulu dan Kecamatan Karang Jaya,” kata ia.

Dilanjutkanya, ibu-ibu yang ada di 4 Kecamatan tersebut telah siap mengembangkan UMKM Muratara, dan membuat produk lokal. Seperti, makanan Srikaya ketan, Lemang, gandus, kue lapis dan jenis kue-kue lainya yang memiliki khas daerah Kabupaten Muratara,” ungkapnya  HER

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here