Warga Rawas Ilir Kecewakan DPRD Janji Mediasi Mala Dinas Luar

0
128

Muratara, BRS-Masyarakat Muratara kecewakan DPRD sebagai Wakil rakyat warga Rawas Ilir Rencana rapat mediasi ratusan tenaga kerja dengan pihak Perusahaan PT. Lonsum Muratara dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), gagal. Pasalnya anggota DPRD justru Dinas Luar (DL) Selasa (4/8/2020)

Padahal rapat tersebut telah dijadwalkan, bersama anggota dewan lintas komisi, yakni Komisi I, Komisi II dan Komisi III DPRD Muratara. Menindaklanjuti surat dari Dewan Pengurus Cabang Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Sirbundo) Kabupaten Muratara.

Rapat yang telah tertuang dalam undangan dari DPRD Muratara yang tertanggal 22 Juli 2020, dengan nomor surat 005/261/DPRD/2020, berbunyi mengundang Sirbundo Muratara pada Selasa (4/8/2020), pukul 10.00 wib di ruang Banggar DPRD Muratara, untuk mengikuti Rapat Lintas Komisi yang ditandatangani oleh Ketua DPRD demgan Cap basah.

Namun, ternyata tidak dipenuhi oleh sejumlah anggota Dewan Muratara. Bahkan tidak ada satu pun perwakilan anggota Dewan yang datang.

Sehingga ratusan tenaga kerja yang hadir, harus menunggu berjam-jam di kantor DPRD Muratara berharap ada anggota dewan yang datang agar rapat lintas komisi dengan Sirbundo dan pihak perusahaan terlaksana.

Ketua Sirbundo Muratara, Rinto Simamora menjelaskan bahwa kedatangan mereka bersama pihak perusahaan sesuai undangan anggota dewan dari lintas Komisi I, Komisi II dan Komisi III.

“Tapi setelah kami memenuhi undangan sesuai surat yang ditembuskan kepada kami tidak sesuai yang telah direncana. Justru anggota dewan DL semua,” kata ia.

Terkait hal itu, pihaknya sangat kecewa datang jauh-jauh dari Kecamatan Rawas Ilir. “Sebagai wakil rakyat dan untuk rakyat. Kami sangat kecewa,” kata ia.

Dilanjutkannya, bahwa pihaknya datang ingin menyampaikan aspirasi suluruh karyawan PT. Lonsum terhadap permasalahan yang terjadi dengan pihak perusahaan. Namun sudah lebih 1 tahun tidak adanya penyelesaian.
“Kedatangan kami ke sini sesuai undangan anggota dewan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai aturan. Namun sayang semua anggota dewan DL semua,” cetusnya.
Ditambahkan nya,kemaren kita ingin megadakan aksi di depan kantor DPRD dan di depan kantor bupati, namun pihak DPRD berjanji akan mediasi dihari ini,maka haltersebut kita tunda , tetapi hari ini kita datang beramai -ramai datang kesini untuk mediasi, namun sangat di sayangkan pihak DPRD tidak ada satupun di kantor, itu artinya mereka melakukan penghalang halangan untuk kami melakukan aspirasi di depan umum ,nah kalau secara UUD mereka sudah di jerat pidana.

Sementara itu, Staf Seketaris Dewan Ali, saat dimintai keterangan mengatakan dirinya belum mengetahui secara benar terkait undangan yang dibatalkan tersebut. “Namun anggota dewan Muratara saat ini sedang DL,” jelasnya singkat. HER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here