DLH Lapor hasil Kajiannya.Bendungan Kayauara terancam Bongkar

0
30

Lubuklinggau,BRS – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan sepertinya sangat serius menyikapi hasil dari kajian di lapangan mengenai dugaan kerusakan Daerah Aliran Sungai Kelingi RT 04 Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I dari fakta lapangan kemudian hasil kajian sudah dilaporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS.VIII) Provinsi Sumatera Selatan.

Sabtu 2 September 2023 berhasil dikonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL). Afrizal mengungkapkan bahwa dari kajian dan analisa Tim dilapangan disimpulkan hasil nya sudah dilaporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS VIII).

“Hasil dari fakta dan kajian di lapangan disimpulkan dugaan kerusakan Ekosistem Sungai daerah aliran sungai kelingi yang ditimbulkan oleh oknum pengusaha properti tepatnya wilayah tersebut di kelurahan kayu ara sudah kita jelaskan waktu ke palembang dan masukan laporan ke Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS VIII).

Masih katanya Kabid. Dalam waktu dekat ini pihak BBWSS VIII Provinsi segera layangkan surat kepada pemerintah kota Lubuklinggau untuk membentuk Tim Terpadu, guna memastikan untuk mengecek kelapangan berapa jauh dugaan kerusakan Daerah Aliran Sungai Kelingi yang, ditimbulkan oleh kegiatan Ilegal tersebut.

Dalam hal ini jika dilihat dari lingkungan daerah sungai Kelingi sebelum nya tidak ada Bendungan dan Beronjong untuk aliran ke Hilir tapi nanti kita lihat saja apa yang disimpulkan Tim Terpadu Pemerintah Kota Lubuklinggau apakah dibongkar?..

Kepada masyarakat kayu ara harap bersabar semoga permasalahan Daerah Aliran Sungai Kelingi ini segera diselesaikan, mengenai beberapa hal baik sanksi dan denda bagi oknum yang melakukan usaha tersebut itu ada pihak-pihak terkait yang menganalisa, mulai dari dugaan galian C Ilegal yang mengeruk dan mengambil materal Sedimen koral dan batu serta pemempaataan sumber daya air berskala besar untuk kepentingan pribadi dengan membuat kolam ikan.” Dian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here